Pernafasan Cepat

Pernakah kalian berolahraga,tentunya pernah donk. Nah saat kalian berolahraga bahkan setelahnya apakah kalian merasa terengah-engah? Kaliah tau mengapa kalian bisa terengah-engah?

Kita sebagai manusia senantiasa selalu bernafas. Ketika bernafas, kita menghirup udara dan memasukkannya ke paru-paru.Paru-paru mengambil oksigen dari udara dan kemudian dibagi-bagikan ke seluruh tubuh.Saat kita olahraga memerlukan lebih banyak oksigen.Hal ini dikarenakan pusat pernafasan yang terletak dalam medula oblongata bereaksi karena bertambahnya karbon dioksida dalam darah ketika mendayungReaksi yang dilakukan oleh pusat pernafasan ini adalah dengan cara mempercepat pernafasan, agar oksigen yang dihirup juga banyak. Oleh sebab itulah kita bernafas dengan hirupan udara pendek-pendek dan cepat.Inilah yang kemudian disebut terengah-engah.Kalau berjalan atau diam kita tidak memerlukan oksigen sebanyak saat berlari, sehingga pernafasan juga terjadi secara perlahan-lahan dan jauh lebih lambat.

Seseorang terengah-engah dikarenakan pengaruh peningkatan curah jantung terhadap aliran darah paru dan tekanan arteri paru selama mendayung. Selama kita olahraga, aliran drah yang melalui paru meningkat sampai empat hingga tujuh kali lipat. Aliran ekstra ini ditampung dalam paru melalui tiga cara : 1. Dengan meningkatkan jumlah kapiler yang terbuka, kadang sampai tiga kali lipat ; 2. Dengan meregangkan semua kapiler dan meningkatkan kecepatan aliran disetiap kapiler dan meningkatkan kecepatan aliran disetiap kapiler lebih dari dua kali lipat; 3. Dengan meningkatkan tekanan arteri paru.

Perubahan kapasitas difusi Oksigen selama mendayung juga berpengaruh. Karena kondisi dapat meningkatkan aliran darah paru dan ventilasi alveolus, kapasitas difusi oksigen meningkat pada pria dewasa muda sampai maksimum kira-kira 65 ml/menit/mmHg, tiga kali kapasitas difusi pada keadaan istirahat. Peningkatan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah 1. Pembukaan sejumlah kapiler paru yang tadinya tidak aktif atau dilatasi ekstra pada kapiler yang telah terbuka,dengan demikian meningkatkan luas permukaan darah, tempat oksigen berdifusi;dan 2. Pertukaran yang lebih baik antara ventilasi alveoli dan perfusi kapiler alveolus dengan darah,disebut ventilasi-perfusi. Oleh karena itu, selama olahraga,oksigenasi darah ditingkatkan tidak hanya oleh peningkatan ventilasi alveolus tetapi juga dengan memperbesar kapasitas difusi membrane pernafasan untuk memindahkan oksigen didalam darah.

Selama olahraga,sel-sel otot memakai oksigen dengan sangat cepat,yang pada keadaan ekstrem dapat menyebabkan PO2 cairan interstisial otot turun dari nilai normal 40 mmHg menjadi 15 mmHg. Pada tekanan yang rendah ini, hanya 4,4 milimeter oksigen yang tetap berikatan dengan hemoglobin dalam setiap 100 milimeter darah. Dengan demikian,19,4-4,4 atau 15 milimeter, merupakan jumlah oksigen sebenarnya yang diangkut ke jaringan oleh setiap100 milimeter aliran darah. Sehingga jumlah oksigen yang ditranspor dalam setiap volume darah yang mengalir melalui jaringan menjadi tiga kali jumlah normal. Dan perlu diingat bahwa curah jantung dapat enam sampai tujuh kali normal pada pelari marathon yang terlatih dengan baik. Sehingga perkalian antara peningkatan curah jantung dengan peningkatan pengangkutan oksigen dalam setiap volume darah akan menghasilkan peningkatan pengangkutan oksigen ke jaringan sebanyak 20 kali lipat.

dikutip dari Fisiologi Kedokteran Guyton & Hall

About these ads

1 Komentar (+add yours?)

  1. Mr WordPress
    Jan 12, 2011 @ 14:12:18

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: